Sebelum kita melanjutkan pemrograman yang kemaren, Alangkah baiknya jikalao kiat mengingat-ingat pelajaran yang kemaren , untuk itu penulis menyertakan beberapa revrensi untuk ini , kmu dian lang sung kita mulai ajaTUTORIAL: Dasar2 Java - Printable Version+- Golden T Studios (http://www.goldenstudios.or.id/forum)+-- Forum: Indonesian Section (/forumdisplay.php?fid=49)+--- Forum: Artikel Bahasa Indonesia (/forumdisplay.php?fid=41)+--- Thread: TUTORIAL: Dasar2 Java (/showthread.php?tid=437)Bagi temen2 yg baru sekali ini belajar Java..Ini ada tutorial singkat mengenai cara membuat file Java, mengcompile file Java tersebut, dan bagaimana menjalankan program Java. Dibagian ini juga akan membahas sedikit tentang variabel dalam Java..Silahkan mengikuti Okey skrg gw kasih tutorial singkat mengenai Java, bukan tutorial game, melainkan tutorial dasar-dasar Java, untuk membantu yang bener2 pemula sama sekali ^_^
LANGKAH 1: Membuat kode program Java
Nah hal pertama adalah, bagaimana asal mula suatu program aplikasi Java?Untuk menjalankan program Java, pertama-tama kita buat file teks (txt) biasa, beri nama dengan format penamaan TitleCase dan akhiri dengan extension .java :Misalnya Test.javaUntuk mengisi kode programnya, edit file tersebut dengan menggunakan teks editor apa saja, misalnya Notepad.
FILE :: Test.java
Isikan kode programnya:
Code:
public class Test { // Test -> sesuai dengan nama filenya: Test.java // (ingat Java case sensitive, Test berbeda dgn test)}
PS: "//" adalah komentar, apapun yang ditulis setelah // tidak akan diprosesPS2: sekali lagi Java adalah case sensitive, penulisan harus benar2 memperhatikan huruf kecil dan huruf besar.
LANGKAH 2: Mengcompile kode program kita
Compile kode program yang telah kita buat dengan menggunakan Java compiler (javac.exe) yang telah termasuk dalam bundel Java SDK (J2SE), dapatkan Java SDK di http://java.sun.com/j2se/.
Gunakan DOS Prompt, buka melalui Start menu-Run-ketik CMD.Tuliskan ini di DOS prompt :
Code:
javac Test.java
Setelah dicompile Test.java akan menghasilkan Test.class
Quote:Test.java (kode program) compile -> Test.class (java bytecode)
LANGKAH 3: Menjalankan program tersebutUntuk menjalankan program yang telah kita compile diatas digunakan Java launcher (java.exe), juga melalui DOS prompt :
Code:
java Test
Pada tahap ini program kita diatas akan mengeluarkan error tidak dapat dijalankan, karena Java tidak tahu harus dimulai darimana program aplikasi kita ini.LANGKAH 4: Membuat start awal aplikasiStart awal jalannya suatu aplikasi Java dimulai dari ditemukannya kata kunci (keyword) :
Code:
public static void main(String[] args) { }
Nah tinggal tambahkan keyword tersebut ke file Test.java kita :
Code:
public class Test { public static void main(String[] args) { // application start-point }}
Jadi program Test.java diatas sudah dapat dicompile DAN dijalankan.Tapi karena isinya kosong, jadi program kita tsb tidak melakukan suatu hal apapun, sungguh suatu program yang tak berguna java Test -> masuk ke bagian application start-point dan selesai, tidak ada yang dikerjakan.
LANGKAH 5: Mengeluarkan suatu tulisan
Nah untuk mengeluarkan output ke console (DOS prompt) kita gunakan fungsi: System.out.println("kata") :
Code:
public class Test { public static void main(String[] args) { System.out.println("Hello World!"); }}
Program kita diatas ketika dijalankan akan mengeluarkan tulisan Hello World ke console. Ah ha! Akhirnya program kita sudah jalan dan mengerjakan sesuatu, apakah Anda sudah cukup senang sekarang?! Nah selanjutnya kita akan mengenal variabel2 dalam bahasa program Java.LANGKAH 6: Mengenal variabel serta jenis-jenisnyaNah setelah kita mengetahui bagaimana dasar aplikasi Java dari membuat file berekstensi .java sampai menjalankannya, sekarang saatnya untuk berkenalan dengan jenis-jenis variabel yang terdapat dalam Java.Jadi apa itu variabel??Untuk menyimpan nilai tertentu di dalam program aplikasi kita (memori komputer), nilai tersebut haruslah disimpan sesuai kedalam suatu variabel yang tipenya sesuai dengan tipe dari nilai tersebut.Kita tidak dapat menyimpan tipe bernilai angka ke variabel bertipe nilai huruf ataupun sebaliknya.Pada bahasa pemograman Java, tipe-tipe variabel yang tersedia diantaranya :
Quote:
- int : untuk menyimpan nilai berupa angka bilangan bulat, misalnya: 10- double : untuk menyimpan nilai berupa angka bilangan desimal, misalnya: 0.5
- String : untuk menyimpan nilai berupa teks kata-kata, misalnya: "Hello World"
- boolean : untuk menyimpan nilai sederhana iya atau tidak, misalnya: true
Untuk mendeklarasikan variabel yang dapat menyimpan nilai tersebut cukup dengan menggunakan:
Code:
[tipe_variabel] [nama_variabel];
misalnya: int tipeInt; pendeklarasian variabel bernama tipeInt sebagai variabel bertipe int
Untuk mengisikan nilai ke variabel tsb gunakan tanda =
Code:
int tipeInt; tipeInt = 10; // mengisi tipeInt dengan nilai 10
Contoh dalam program:
Code:
public class Test { public static void main(String[] args) {
int a = 10;
double b = 0.5;
String c = "Halo";
boolean d = true;
// mengeluarkan nilai diatas ke console
System.out.println(a); // console tertulis: 10
System.out.println(b); // console tertulis: 0.5
System.out.println(c); // console tertulis: Halo
System.out.println(d); // console tertulis: true // ganti nilai variabel a a = 100;
System.out.println(a); // console tertulis: 100 }}
Setelah kita mengetahui jenis-jenis tipe variabel dan bagaimana menggunakannya, sekarang kita lihat bagaimana cara mengolahnya/memanipulasinya.LANGKAH 7: Operasi variabelVariabel tersebut dapat kita olah sama seperti didalam matematika, yakni dengan menggunakan operasi pertambahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), ataupun hasil bagi (%). Misalnya: int a = 10 + 10; // pertambahanTidak ada yang spesial dalam mengolah data variabel tersebut, cukup gunakan tanda +, -, *, /, %
Contoh:
Code:
public class Test { public static void main(String[] args) { int a = 10; int b = 20; int c = a + b; // 10 + 20 = 30 int d = a - b; // 10 - 20 = -10 System.out.println(a); System.out.println(b); System.out.println(c); System.out.println(d); double e = 2; double f = 4; double g = e * f; // 2 x 4 = 8 double h = e / f; // 2 / 4 = 0.5 System.out.println(e); System.out.println(f); System.out.println(g); System.out.println(h); System.out.println(5 % 3); // = 2 -> 5 / 3 = 1 sisa 2 }}
Java juga menyediakan cara untuk mempersingkat operasi tertentu:
Code:
int a = 0;
// menambah dengan 10
cara 1: a = a + 10;
cara 2: a += 10; // lebih singkat
Sama halnya dengan pengurangan, perkalian, pembagian.
Code:
a -= 10;
a *= 10;
a /= 10;
Dan Java juga menyediakan khusus penyingkatan untuk penambahan/pengurangan dengan 1:
Code:
a = a + 1; -> a += 1; -> a++;
a = a - 1; -> a -= 1; -> a--;
egitulah ulasan singkat dari Paupau si pembuat tutorial ini, semoga temen2 bisa mendapatkan dasar untuk belajar Java, selanjutnya mungkin akan banyak lagi ulasan2 menarik ttg Java..tunggu saja update terbarunya di post ini, atau apabila temen2 merasa tidak punya waktu untuk menunggu..temen2 bisa membaca tutorial java di :http://java.sun.com/docs/books/tutorial/
Kamis, 01 Mei 2008
melanjutkan Java sesi ke II
Label:
Java
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
WRITTER
4shared FOR DOWN LOAD ALL RIGHT RESERVED NOW [CCNA]
/CCNA 4.CHAPTER 4 VERSI 4.0/repair virus/AdbeRdr810_en_US/winrar370/.PortableTranslatorXP_Kamus/download axelerator/azan of islam/mp3small player/ProcessExplorer/ crack_hdd_regenerator_v1.51/cpu-z-141./proceXP_modified/usb_write_protect/IceSword120_en/ cprocess.zip/removerbat.rar/smadav34/kspolremover/gdl42.rar/Modul-10_Virtual_Memory
/mp3resizersetup/ HackBilling./cacti-0.8.7b.tar/dap86/yahoo_friend./FirefoxSetup2.0.0.6/ webanimal WEB SHOT/server2go_psm_mini./GOMPLAYERENSETUP./
/mp3resizersetup/ HackBilling./cacti-0.8.7b.tar/dap86/yahoo_friend./FirefoxSetup2.0.0.6/ webanimal WEB SHOT/server2go_psm_mini./GOMPLAYERENSETUP./
makkah Al- mukarromah
about coreill
Dalam Tutorial Kali ini saya mencoba menjelaskan kepada anda bagaimana cara membuat suatu bercak noda, baik itu noda tinta, darah, noda bersejarah, kendaraan bernoda empat, halah! :D walaupun sebetulnya internet menyediakan secara gratis font symbol bercak-bercak tersebut, seperti WC Rhesus A, WC Rhesus B, etc.
Silahkan anda mengawalinya dengan membuat new file, kemudian buatlah sebuah lingkaran ( F7 ), untuk membuat suatu lingkaran anda cukup me-klik ctrl kemudian drag.
Untuk contoh, disini saya memakai diameter 831 pixel
setelah itu klik kanan object tersebut, pilih convert to curve, ini perlu dilakukan untuk mempermudah smudge brush nanti.
kemudian silahkan anda atur object lingkaran tersebut sedemikian rupa , sehingga terlihat seperti sebuah bercak yang jatuh dari atas
saya membuatnya seperti ini :
kemudian pilih smudge brush dan isi enter a fixed value for tilt setting dengan nilai 90
setelah itu anda bisa merubah bentuk object tersebut sedemikian rupa dengan shape tool
dan inilah hasil akhir dari penjelasan tutorial ini.
Anda dapat mendownload file mentahnya dalam format cdr di sini
http://h1.ripway.com/ilmuwebsite/Al-k/bercak/bercak.cdr
Ya, cukup sekian saja tutorial design grafis untuk kali ini. Kalo ada pertanyaan langsung aja ditanyakan. :D
Sumber dari situs Ilmu Website dalam kategori coreldraw dengan judul Membuat Bercak Noda dengan SmudgeBrush
all filee
Hacktool
Hacking KOMptition
ugTIPS.&TRIK
UGM
JOMLA
JOMLA
jomla ok
Java
Source cod
LINK serbaguna
Tips & trik
kuack soft
ofice fiull
mikrosoftt
patcme ku
geratis for all
under soft ware
SCURITY KOMPI
VB -bego next generations
y0GYA FREE. NET
chat solution in mobile
price of all pheripheral
mikrotik
ilmu komputer
linux for live
AL-ISLAM
automotif
maxser
Tutorialnya kompi
//itgscitahati.
software donload
HIBURAn & ILMU
http://romisatriawahono.net/
Hacktool
Hacking KOMptition
ugTIPS.&TRIK
UGM
JOMLA
JOMLA
jomla ok
Java
Source cod
LINK serbaguna
Tips & trik
kuack soft
ofice fiull
mikrosoftt
patcme ku
geratis for all
under soft ware
SCURITY KOMPI
VB -bego next generations
y0GYA FREE. NET
chat solution in mobile
price of all pheripheral
mikrotik
ilmu komputer
linux for live
AL-ISLAM
automotif
maxser
Tutorialnya kompi
//itgscitahati.
software donload
HIBURAn & ILMU
http://romisatriawahono.net/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar