Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Bismillahirrohmanirrohimm

Bismillahirrohmanirrohimm
Segala puji kehadiratmu ya rob, yang sebagaimana telah memberikan segala kekuatan bagi seluruh Makhluknya .Segalapuji untukmu yaAlloh, Aminn...
..:: Selamat datang di site of Hisyam Wahid Luthfi , h e is an enginer of tel komunikasi from rembang , and thank you before for some one who was help me to forward. andh be happy t read this site ., thank yu for ALL ,, ::..

Rabu, 07 Mei 2008

mOTHERboard Bermasalah

Beberapa hari yang lalu, entah kenapa komputer saya sering nge-hang… ketika komputer “dipaksa” menjalankan program-program yang membutuhkan banyak trafik data transfer tiba-tiba mouse pointernya “stuck”…

Sudah dicoba melakukan harddisk scanning ama degragmenting tapi tetep aja masalah itu muncul sampai akhirnya saya coba untuk melakukan re-installing windows. Masalah kembali muncul ketika mulai step format patisisi. Yak…komputer mati seketika… harddisk formatting
sempat terjadi sedikitpun…

Saya coba oprek-oprek ni komputer, setelah diganti power supplynya kemudian coba lagi dihidupkan… hasilnya hidup…tapi cuma untuk beberapa detik, masuk BIOS aja lum nyampe.. . Analisa letak kerusakan terus saya lakukan dengan melepas satu-persatu bagian komputer mulai dari harddisk, memory, CDROM, sampai mouse dan keyboard. Sampai akhirnya tinggal motherboard dan power supply, masalah masih muncul. Dari sini saya simpulkan adaproblem pada motherboard.

Saya coba ngecek motherboard, ternyata ada 3 kapasitor yang berhubungan dengan transistor power regulator sedang “hamil”. Ilustrasinya sepeti berikut:

Nilai kapasitor (elco) adalah 3300uF/6.3v, ada 3 buah yang “hamil” dan 1 buah bernilai 2200uF/6.3v. Saya coba mengganti 3 buah kapasitor problem bernilai 3300uF/6.3v dengan 3 buah kapasitor bernilai 1000uF/16v (nekat nih soalnya yg ada dirumah cuman segitu nilainya, berani aja karena dah tahu prinsip kerjanya ). Tidak mudah mengganti kapasitor karena motherboard tipe 3 layer dan mempunyai grounding yang baik, solder 60watt saja masih belum mampu sampai akhirnya 1 kapasitor saya pasang pada bagian bawah motherboard.

Nah selesai, coba hidupkan lagi komputer… dan alhamdulillaah jalan…. Dari sini perlu diperhatikan beberapa hal:

Kalau punya motherboard rusak, perhatikan dulu kapasitornya, siapa tahu banyak yang “hamil” yang menimbulkan bocornya arus dari power supply yang akhirnya menurunkan daya powersupply dan memaksa power supply bekerja sia-sia untuk kapasitor problem itu.
Jika kedapan ada problem pada power supply, tetap coba cek bagian motherboardnya, ada kemungkinan rusaknya power supply disebabkan kerja berlebih power supply karena bocornya arus pada kapasitor.
Entri ini dituliskan pada Agustus 11, 2007 pada 10:35 am dan disimpan dalam Catatan Kecil, Electronics - Robotics, IPTek, Information Technology. . Anda bisa mengikuti setiap tanggapan atas artikel ini melalui RSS 2.0 pengumpan. Anda bisa tinggalkan tanggapan, atau lacak tautan dari situsmu sendiri

Tidak ada komentar:

WRITTER

WRITTER

makkah Al- mukarromah

makkah Al- mukarromah
semoga Alloh memberijalan , aminnn..aminnn.. Semua orang islam pasti ingin pergi kesana untuk menyerahkan diri sepenuhnya hak semata - mata untuk Alloh Subhanahu Wataala ... semoga semua hambanya penuh rahmat dariNYA ....aminn

about coreill


Dalam Tutorial Kali ini saya mencoba menjelaskan kepada anda bagaimana cara membuat suatu bercak noda, baik itu noda tinta, darah, noda bersejarah, kendaraan bernoda empat, halah! :D walaupun sebetulnya internet menyediakan secara gratis font symbol bercak-bercak tersebut, seperti WC Rhesus A, WC Rhesus B, etc.

Silahkan anda mengawalinya dengan membuat new file, kemudian buatlah sebuah lingkaran ( F7 ), untuk membuat suatu lingkaran anda cukup me-klik ctrl kemudian drag.
Untuk contoh, disini saya memakai diameter 831 pixel

setelah itu klik kanan object tersebut, pilih convert to curve, ini perlu dilakukan untuk mempermudah smudge brush nanti.

kemudian silahkan anda atur object lingkaran tersebut sedemikian rupa , sehingga terlihat seperti sebuah bercak yang jatuh dari atas
saya membuatnya seperti ini :

kemudian pilih smudge brush dan isi enter a fixed value for tilt setting dengan nilai 90






setelah itu anda bisa merubah bentuk object tersebut sedemikian rupa dengan shape tool





dan inilah hasil akhir dari penjelasan tutorial ini.

Anda dapat mendownload file mentahnya dalam format cdr di sini

http://h1.ripway.com/ilmuwebsite/Al-k/bercak/bercak.cdr

Ya, cukup sekian saja tutorial design grafis untuk kali ini. Kalo ada pertanyaan langsung aja ditanyakan. :D
Sumber dari situs Ilmu Website dalam kategori coreldraw dengan judul Membuat Bercak Noda dengan SmudgeBrush

ME BANNEER

Blog HISYAM